Minggu, 28 Agustus 2016

Penyebab Penyakit Hernia Pada Wanita

Penyebab penyakit hernia pada wanita,- Penyakit hernia atau turun berok biasanya lebih banyak ditemukan pada pria, baik itu dewasa, anak-anak, balita atau bahkan bayi dapat mengidap penyakit yang menyakitkan ini. Kenali Penyebab Penyakit Hernia Pada WanitaPenyakit ini akan membuat penderitanya merasa risih dan tidak nyaman, bahkan ada beberapa penderita yang merasa kesakitan yang teramat sangat karena benjolan penyakit hernia ini.
Hernia atau dalam kacamata medis, atau yang sering disebut dengan istilah tedun adalah penyakit yang terjadi karena dinding perut yang tidak kuat menahan isi perut usus, sehingga usus tersebut menjadi turun dan mendesak ke bawah. Tidak hanya menyerang pria, wanita juga memiliki kemungkinan mengalami penyakit hernia.

Pada wanita, hernia dapat disebabkan oleh :
  •     Tekanan dalam rongga tubuh yang besar, seperti saat mengedan (terus menerus akibat konstipasi menahun).
  •     Hamil dan melahirkan.
  •     Adanya penumpukkan cairan tak normal dalam rongga perut (ascites).
  •     Batuk terus-menerus.
  •     Penyakit paru, obesitas dan penyakit serupa.
Untuk Supaya Anda lebih memahami akan penyakit hernia, nah berikut ini beberapa informasi mengenai diagnosa beserta cara mengobati penyakit hernia khusunya pada wanita :
Diagnosa penyakit hernia
Bagi Anda yang ingin mendiagnosa penyakit henia memang perlu dilakukan pemeriksaan ahli. Lakukan konsultasi ke dokter Anda agar dilakukan pemeriksaan atau pengecekan terhadap kondisi kesehatan Anda.
Biasanya dokter akan menggunakan cara scan untuk mengetahui bagian dalam organ tubuh Anda, khusunya bagian-bagian tertentu yang biasanya menjadi tempat bersarangnya penyakit hernia, pada wanita biasanya terjadi di bagian dalam perut. Melalui hasil scan tersebut dapat Anda lihat apakah Anda mengidap penyakit hernia atau tidak. Biasanya dokter juga akan menyarankan Anda untuk melakukan operasi sebagai jalan penyembuhan penyakit hernia ini.
Hernia bisa berkembang menjadi suatu yang serius jika tidak ditangani dengan baik dan benar, disini perlu penanganan dokter yang ahli dibidangnya. Hernia bisa berkembang pada bagian usus dan membentuk tonjolan melalui lapisan perut. Jika bagian usus tidak diperbaiki, aliran darah akan terganggu dan sudah pasti fungsinya pun tidak maksimal. Hal ini tentu dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius dan akan membuat si penderitanya mengalami rasa sakit yang lebih parah.
Baca Juga:
Bagi para wanita ataupun siapa saja yang merasakan dirinya mengalami hernia atau mungkin hanya sekedar perasaan yang menghantui, sebagai suatu tindakan yang bijak anda harus berusaha mencegah agar penyakit hernia tidak masuk dan menyerang kedalam tubuh anda. Karena bagaimana pun juga mencegah lebih baik daripada mengobati.
Di bawah ada beberapa langkah yang sekiranya bisa dilakukan agar potensi terkena penyakit hernia bisa terkurangi bahkan tidak ada sama sekali :
  • Jika pekerjaan mengharuskan anda untuk berdiri selama berjam-jam, luangkanlah waktu untuk istirahat dan ini adalah sangat penting. 
  • Hindari yang namanya kebiasaan mengangkat benda-benda yang berat.
  • Biarkan kaki anda melakukan beberapa dorongan daripada menggunakan punggung Anda.
  • Selalu membuat diri anda berada dalam kondisi ringan dan hindari kelebihan berat badan. 
  • Jika anda adalah seorang perokok, lebih baik hentikan kebiasaan merokok tersebut secepat mungkin.
Dalam mendiagnosa apakah wanita tersebut menderita hernia atau tidak, doktor cukup melakukan pemeriksaan secara fisik. Setelah itu dokter akan mengetahui letak dimana hernia berada dan bisa langsung memutuskan apakah harus dilakukan operasi atau tidak. Jika si penderita tidak mengalami rasa sakit dan tidak merasa terganggu, maka dokter akan menunggu kondisi selanjutnya. Apabila ternyata benjolan mengalami perbesaran atau si penderita mengalami rasa sakit maka dokter bisa memutuskan untuk melakukan proses operasi atau penanganan yang tepat lainnya.

Adapun jika si penderita hernia memang harus melakukan operasi, ada dua jenis operasi yang bisa dilakukan.

1. Herniorrhaphy
Dalam prosedur operasi ini dilakukan sebuah sayatan pada daerah selangkangan agar usus terdorong kembali ke tempat yang tepat dan titik lemah dapat diperbaiki. Pemulihan mungkin mengambil waktu setidaknya 4-6 minggu. Perlu diperhatikan ada kemungkinan kecil hernia bisa terulang kembali.

2. Hernioplasty
Prosedur ini adalah yang paling disukai oleh orang-orang dibandingkan dengan cara herniorrhaphy, itu mungkin karena proses penyembuhannya yang lebih cepat. Prosedur ini akan memerlukan beberapa sayatan kecil agar ahli bedah bisa memasukkan kamera mini untuk melihat apa yang ada di dalamnya dan bisa menempatkan jahitan dengan benar tepat di atas area yang telah rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar